Report Abuse

RECENT POSTS

"TikTok" Mulai Menandai Konten yang Dibuat oleh "AI"

 


Jika kreator mengunggah konten di TikTok yang dibuat oleh platform kecerdasan buatan, seperti DALL·E 3 milik OpenAI, label yang dibuat oleh AI akan secara otomatis disematkan pada konten tersebut, memberi tahu pengguna bahwa konten tersebut dibuat oleh kecerdasan buatan.

Menurut Adam Presser, Head of Operations and Trust & Safety di TikTok, yang dikutip dari TechCrunh pada hari Kamis (9/5), "Konten yang dihasilkan AI adalah inovasi kreatif yang luar biasa, tetapi transparansi bagi pengguna sangat penting."

Content Credentials, sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA), yang didirikan pada tahun 2002 bersama Microsoft dan Adobe. Teknologi ini memungkinkan labelan konten yang dibuat oleh kecerdasan buatan.

TikTok dapat menggunakan Content Credential untuk melacak konten yang dibuat oleh AI dengan melampirkan metadata khusus.

Metadata dari Credential Konten menunjukkan di mana dan bagaimana konten yang dibuat atau diedit oleh AI. Metadata akan tetap ada pada konten saat diunduh.

Kebijakan ini mulai berlaku pada hari Kamis, 9 Oktober, dan akan berlaku untuk semua pengguna di seluruh dunia dalam beberapa pekan mendatang.

Adam menyatakan, "Dengan bermitra bersama rekan-rekan untuk memberikan label konten di seluruh platform, kami memudahkan pembuat konten untuk mengeksplorasi konten yang dihasilkan AI secara bertanggung jawab, sambil terus mencegah konten buatan AI berbahaya atau menyesatkan yang dilarang di TikTok."

TikTok sebelumnya telah memberi label konten menggunakan efek AI TikTok, tetapi sekarang platform jejaring sosial asal Tiongkok itu juga akan memberi label konten yang dibuat menggunakan platform seperti DALL·E 3 dan Microsoft Bing Iage Creator. 

TikTok juga mengumumkan bahwa mereka akanmelawan penggunaan AI pada konten yang berkaitan dengan pemilihan umum. Mereka juga memiliki kebijakan yang ketat yang melarang konten buatan AI yang mengandung informasi palsu.



Kokoh Hendra Liem
Assalamualaiku. Wr. Wb, Hai para blogger di seluruh Indonesia Salam kenal nama saya Kokoh Hendra Liem (panggil saya Hendra), saat ini saya berdomisili di Kota Minyak, Balikpapan. Nah, hobby saya adalah menulis dan menulis baik itu di blog pribadi atau menciptakan sebuah buku (novel, antalogi, puisi) bahkan non fiksi pun saya buat.

Related Posts

There is no other posts in this category.

8 comments

  1. Wah, Tiktok pun mulai Makai ai. Lah, ini keuntungan atau kerugian ya? Hehe.. btw, aku mah suka juga Tiktok untuk edukasi dan hiburan Koh. Semoga bisa memanfaatkan media dengan bijak.. aamiin.. Supadilah/Padil

    ReplyDelete
  2. wah bikin konten video pake AI, ehhmmm iya juga sih beberapa kali saya menemukan yang seperti ini. kalau tidak diawasi akan jadi "alat" yang disalahgunakan ya

    ReplyDelete
  3. Wah iya...harus dibatasi sih penggunaan AI ini. Apalagi sekarang makin persis tiruan dari AI ini. Keren juga Tik-tok bisa mendeteksi video/image yg base on AI...

    ReplyDelete
  4. Makin banyak konten kreator yang ngawur memberi informasi dan pakai gambar AI untuk menyembunyikan diri. Akan makin bagus kalau ditandai gini, jadi lebih mudah dipahami penonton yang kurang jeli

    ReplyDelete
  5. Wow keren banget ya ternyata TikTok dapat menggunakan Content Credential untuk melacak konten yang dibuat oleh AI dengan melampirkan metadata khusus

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget ya di tok bisa membatasi penggunaan Ai sehingga konten kreator yang memang menggunakan dirinya sendiri jadi tidak tersaingi

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah sih gunakan Ai, dengan begini konten kreator akan lebih kreatif lagi ya kak, semoga juga di google bisa dibatasi ya.

    ReplyDelete
  8. Pentingnya transparansi, ya, Koh. Saya suka banget dengan informasi ini. Jadi kreator konten ada rambu-rambu saat ingin membuat konten juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog